a.Kesedihan diakhirat

Kesedihan diakhirat

Suatu hari sahabat mua’adz ra. Bertanya kepada Nabi Saw., “Wahai Rasulullah, bagaimana pandangan Rasul tentang ayat :

Yauma yunpakhu fii as-shuuri pata’tuuna afwajaa..(An-Naba’:18)

“Pada suatu hari(kiamat) dimana sasangkala Israfil ditiup, maka kamu sekalian akan datang.” Nabi bersabda, “Wahai Muadz, sungguh engkau telah bertanya tentang sesuatu yang hebat yang mendebarkan hati.” Kemudian beliau mengedipkan matanya dengan mencucurkan air mata lalu bersabda,”Sepuluh umatku dikumpulkan pada hari kiamat dalam keadaan yang berbeda. Allah akan memisah-misahkan mereka dari golongan muslim dan akan menampakan bentuk mereka sesuai dengan amaliahnya di dunia. Diantara mereka ada yang berwujud kera. Ada yang berwujud babi. Ada yang berjalan berjungkir balik, ada yang buta ada yang tuli dan bisu, tidak berakal ada yang lidahnya panjang sampai kedadanya, ada yang mengalirkan nanah dari mulutnya, ada yang tangan dan kakinya dipotong-potong, ada yang disalib di atas pelapah pohon api neraka, ada yang bau busuk tubuhnya seperti bangkai, dan ada yang diselimuti cairan api neraka.

Mereka yang berwajah kera adalah orang-orang yang didunianya suka melanggar hukum-hukum Allah. Yang berwajah babi adalah pemakan barang yang haram dan berusaha dengan cara yang haram. Yang berjalan jungkir balik adalah renternir(pemakan riba). Yang buta adalah orang yang suka zhalim dalam menegakan hukum. Orang yang tuli dan bisu yaitu orang-orang yang suka ujub dengan amalnya. Orang yang menggunting lisannya yang panjang sampai ke dada adalah ulama dan tukang-tukang kisah (dongeng) yang ucapannya bertolak belakang dengan amalnya. Orang yang mengguntingi tangan dan kakinya adalah orang-orang yang suka menyakiti tetangganya. Orang-orang yang disalib di atas pohon kayu neraka adalah orang yang suka melaporkan kesalahan orang lain kepada penguasa yang bukan haknya(karena iri dan sebagainya). Orang yang tubuhnya berbau busuk melebihi bangkai adalah orang-orang yang suka mengikuti kehendak nafsunya(berzina). Adapun orang yang berjilbab cairan api neraka adalah orang yang suka takabur dan sombong.”(H.R.Qurthubi)


7 Tanggapan to “a.Kesedihan diakhirat”

  1. Na’udzubillahi min dzaalik semoga kita semua di jauhkan dari perbuatan2 tersebut dan selalu minta perlindungan kepada Allah dari sifat2 tersebut..

  2. Ya Allah Swt, tetapkan dan tambahkan ke wara’an ku kepada MU…ampuni segala kesalahan-kesalahanku

  3. Assalam..
    apakah hukuman bagi orang selalu melewatkan waktu solat?

  4. astagfirloh,,,iihh seram bngt , mudah2an ak gk termasuk dstu,,,amin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: